TAHU TAKWA KEDIRI

Tahu adalah makanan yang di buat dari kacang kedelai yang di fermentasikan dan di ambil sarinya, berbeda dengan tempe yang asli dari indonesia sedangkan tahu berasal dari china. Tahu berasal dari kata Hokkian (tauhu) yang berarti kedelai yang di fermentasi. Tahu pertama kali di buat di Tiongkok dan penemunya adalah Liu An.
                Di Indonesia ada beberapa macam tahu misalnya tahu takwa, tahu berasal dari bahasa china tau-hu,teo-hu atau tokwa. Tao atau teu berarti kedelai, hu dan kwa berarti lumat, dan di situlah asal mula nama tahu takwa berasal, nama tahu takwa di berikan khusus untuk tahu kuning sehingga dapat membedakan dengan tahu biasa yang berwarna putih.
 Tahu takwa terkenal di kota Kediri,tahu takwa berbentuk kotak  bewarna kuning karena di masak dengan air yang di campur dengan tumbukan kunyit dan sedikit garam,dari segi tekstur tahu takwa lebih padat dan berisi, dan dari rasanya lebih gurih. Pusat penjualan tahu takwa Kediri terletak di jalan Yos Sudarso atau jalan Klenteng.

Pengusaha tahu kota Kediri pernah mendapatkan rekor MURI  pada tahun 2011 dalam merangkai tahu kuning terpanjang yakni dengan panjang 114 meter. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian pengusaha tahu untuk kota Kediri dan menunjukkan bahwa Kediri adalah kota t
ahu.

0 komentar:

Posting Komentar