MUSEUM AIRLANGGA KEDIRI

Museum Airlangga terletak di kota Kediri yang berada di jalan Mastrip 1 kawasan selomangkleng. Di museum tersebut menyimpan arca dan benda – benda peninggalan purba kala dari kejayaan kerajaan Mataram Hindu.
Nama museum tersebut di ambil dari nama Raja Airlangga, yang lahir di bali pada tahun 990. Pendiri kerajaan kahuripan yang memerintah paa tahun 1009 – 1042 yang bergelar Abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa, adalah Airlangga yang meminta Mpu kanwa untuk mengubah sebuah karya sastra yang berjudul kakawin Arjunawiwaha. Setelah gagal menempatkan salah satu putranya sebagai raja di bali dan sebelum turun tahta,Airlangga memerintahkan Mpu bharada untuk membelah wilayah kerajaan menjadi dua bagian yang eudian menjadi kerajaan kadiri dan kerajaan janggala yang masing – masing di berikan pada kedua anaknya.
Patung airlangga menggambarkan raja airlangga sedang menaiki burug  garuda yang kakinya mencengkram ular naga, patung tersebut di letakkan di halaman depan. Garuda dalam kepercayaan hindu adalah kendaraan dewa wisnu, patung airlangga tersebut menggambarkan tentang kesabaran pemerintahan dan kerajaan Airlangga.

Di museum Airlangga juga banyak terdapat koleksi Yoni, Yoni berbentuk balok batu dengan sebuah lubang di tengah sebagai tempat untuk menancapkan Lingga,yoni tersebut menggambarkan tentang lambang kesuburan wanita.

0 komentar:

Posting Komentar